himpunan pengusaha muda mercu buana

.

.

.

.

Omah Cyber, Bisnis Mahasiswa Kelas Rumahan

MUKENA MURAH
Omah Cyber, Bisnis Mahasiswa Kelas Rumahan
Oleh : Suryadin Laoddang

Anak muda dan dunia IT (information tehnologi) kini makin seiring sejalan, kebutuhan kawula muda akan kemudahan dalam segala urusan makin hari makin dimanjakan oleh beragam piranti tehnologi informasi dan komunikasi. Diberbagai tempat umum sudah jamak kita temui anak muda yang menenteng perangkat tehnologi canggih, tidak hanya kalangan eksekutif muda yang melakukannya, kalangan pelajar dan mahasiswa juga tak ketinggalan. Sayang kebanyakan dari mereka hanya menjadi penikmat semata, hanya sebagai pemakai dari perangkat tersebut termasuk segala fitur tehnologi didalamnya, tidak banyak diantara mereka yang menjadi pelaku dengan menciptakan atau mengembangkan perangkat dan piranti tersebut.

Satu diantara yang sedikit tersebut, sebutlah Aditya Prima Sanjaya, lajang asal Muntilan Magelang ini mampu berperang serta dalam mengembangkan piranti tehnologi internet. Lewat perusahaanya, Omah Cyber Muntilan Kreasindo Adyt fokus bergerak dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam bidang internet branding berupa pembuatan dan desain website, baik untuk company profile maupun toko online. Selain itu Omah Cyber juga menyediakan jasa penyewaan server hosting meliputi penyewaan Shared Hosting dan Virtual Private Server dengan letak server di Indonesia dan di Amerika, serta menjadi penyedia domain untuk domain TLD (Top Level Domain) maupun SLD (Second Level Domain) Indonesia. Diluar itu juga tersedia jasa costum domain blogspot, paket web profil dan paket web toko online. Khusus untuk toko online ditawarkan mulai harga 1 juta dengan lama pengerjaan 14 hari.

Mengawali usahanya sejak November 2010, mahasiswa Program Ekstensi Jurusan Tehnik Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta ini telah sukses menggarap beberapa web site seperti Dinas Perindustrian & Perdagangan Kab Simalungun Sumatera Utara (www.disperindag-kabsimalungun.com), Gereja Kristen Protestan Simalungun Medan (www.gkps.or.id), Komunitas Bis Wonogiri (www.biswonogiri.com), Website SMA Bentara Wacana Muntilan (www.sma-bentarawacana.sch.id). Magister Manajemen UII Angkatan 40 (www.mmuii40.com). Untuk jasa pembuatan web site, Adyt mematok harga mulai 1,9 juta per web (rata-rata 2,5 jt), tergantung tingkat kesulitan dan ragam fasilitas atau modul yang digunakannya. Perbulan dibantu 4 orang timnya, rata-rata Adyt mampu menggarap hingga 5 web site, baik itu yang merupakan proyeknya sendiri ataupun limpahan dari mitra kerja lainnya. Sementara untuk sewa hosting berkisar 120 ribu perbulan untuk server Indonesia dan 100 ribu untuk server Amerika Serikat (kapasitas 100mb/bandwith 20gb) sementara untuk demain sendiri antara 100 ribu hingga 150 ribu.

Ditemui oleh Suryadin Laoddang dari Majalah Inspirasi Usaha, Adyt menuturkan jika bisnis seperti ini tidak butuh modal besar, cukup mengandalkan kemampuan dan keterampilan dalam mengolah bahasa program komputer. Selain itu, tidak dibutuhkan ruang kerja atau kantor, pekerjaan dapat dikerjakan di “kantor maya”. “Kantornya yah di internet itu, makanya 90% klient kami justru tidak pernah tatap muka hingga pekerjaan selesai”, tutur pria tambun ini yang sehari-hari juga menjadi asisten dosen di kampusnya.

Ditanya seputar keunggulan Omah Cyber dibanding perusahaan serupa, Adyt secara gamblang menjelaskan jika sesungguhnya hampir semua perusahaan memiliki kemampuan dan keunggulan yang setara. Karena mereka juga menggunakan fasilitas server atau hosting dan domain yang sama. Jadi sejauh perangkat keras dan piranti pendukungnya setara maka keunggulannya juga akan sama, yang membedakan adalah layanan purna jual atau pasca proyeknya, “disanalah kami bersaing”, pungkasnya.

Lain halnya dengan Sri Haryo, rekan kuliah Adyt ini juga menggeluti bisni IT, tapi memilih jalur distro. Haryo lebih memilih mengerjakan proyek secara mandiri. Bermodalkan jejaring kerja yang luas ia menerima orderan pembuatan web site atau program soft ware dari perusahaan-perusahaan IT yang membutuhkan keahliannya. Untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut, Haryo menerima imbal jasa rata-rata 2 juta. Sejak 2010 ia telah menggarap program seperti Software Supermarket/Swalan, Software Toko Online, Software Kios Pulsa, Software Penerimaan Mahasiswa Baru, Software Tes Psikologi dan lainnya. Untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut baik Adyt maupun Haryo terus berusaha menguasai bahasa programing dan beberapa toolsnya seperti; PHP, XHTML, CSS, JQUERY,CodeIgniter, MySQL Oracle 10g multimedia.

Haryo dapat dihubungi ke 081 392 082 549, sementara Omah Cyber Muntilan Kreasindo dapat melalui alamat: Jl Magelang-Jogja KM26, Muntilan, Kab Magelang, Jawa Tengah 56484, Web : www.omahcyber.net Email : sales@omahcyber.net (marketing) / admin@omahcyber.net (support), Y!M : adit_sanjaya / omahcyber, Telp : (0293) 553 9533, SMS : 0852 18888 509, FB: Omah Cyber Indonesia, Twitter : @Omahcyber.


Sumber : Majalah Inspirasi Usaha, November 2013

Posting Komentar